Pembelajaran perubahan konseptual: pilihan penulisan skripsi mahasiswa

Main Author: Syuhendri, Syuhendri
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Universitas Sriwijaya , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/7283/1/Pembelajaran_Perubahan_..._Forum_MIPA_Vol13_No2_th2010.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/7283/
Daftar Isi:
  • Topik skripsi mahasiswa perlu disejajarkan dan berada pada barisan terdepan bersama penelitian dari kawasan lain. Tulisan ini memberikan tawaran altematif, yaitu pada domain perubahan konseptual. Perubahan konseptual merupakan proses mendasar mengganti konsepsi lama dengan konsepsi baru, melalui (1) remidiasi miskonsepsi, atau (2) meluruskan konsepsi yang kurang tepat. Kondisi prakonsepsi yang kurang menguntungkan itu bersifat resistan dan menghambat akuisisi pengetahuan selanjutnya, sehingga memerlukan strategi pembelajaran yang diperuntukkan khusus baginya. Kreatifitas berada pada celah ini, yaitu mencarikan berbagai kiat agar berlangsungnya perubahan konseptual pada pembelajar. Ada empat syarat agar terwujudnya perubahan konseptual; ketidakpuasan, plausible, intelligible, dan fruitful. Syarat tersebut berakar pida toeri perkembangan kognisi, yaitu proses asimilasi dan akomodasi dalam pertumbuhan dan perkembangan schemata (konsep). Para ahli telah menurunkan berbagai strategi seperti penggunaan analogi, bridging analogy, teks perubahan konseptual, substitusi konsep, modifikasi siklus belajar, Continuous Computer Assisted Activation (CONTAC 2), constrastive teaching, Predict-Observe-Explain (POE) dan sebagainya. Masing-masing strategi sedang berkembang dan punya kelebihan serta kelemahan sehingga menarik untuk dikaji lebih mendalam.