Analisis pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana
Main Authors: | Aprilia, Suci, Syuhendri, Syuhendri, Andriani, Nely |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
FKIP Universitas Sriwijaya
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/7278/1/Artikel_Semnas_Suci_dan_Syuhendri_dan_Nely_1.pdf http://eprints.unsri.ac.id/7278/ |
Daftar Isi:
- Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui 1) pemahaman konsep dan; 2) miskonsepsi yang dimiliki mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya yaitu angkatan 2014, sebanyak 36 mahasiswa terdiri dari 33 mahasiswa perempuan dan 3 mahasiswa laki-laki. Data dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep berupa Diagnostik-Remidial Test Prelude To Simple Harmonic Motion berbentuk pilihan ganda dengan alasan terbuka sebanyak 26 soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) skor rata-rata pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sriwijaya pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana sebesar 28,21%; 2) terdapat miskonsepsi yang dimiliki oleh mahasiswa sebesar 53% subkonsep kelajuan pegas, 33% gaya pegas, 42% percepatan pegas, 32% energi pegas, 47% osilasi pegas, 36% usaha pada pegas dan 22% pertambahan panjang pegas. Kesimpulan penelitian adalah 1) pemahaman konsep mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok bahasan gerak harmonik sederhana termasuk kedalam kategori rendah; 2) terdapat miskonsepsi yang dimiliki oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika pada pokok gerak harmonik sederhana. Miskonsepsi tersebut adalah kelajuan benda bermasaa m akan mencapai nilai maksimum pada saat simpangan maksimum. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pemahaman konsep dan dosen harus mengidentifikasi tentang pemahaman konsep mahasiswa serta melakukan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.