Bahan Ajar Luas Permukaan Prisma dan Limas Berbasis Pendekatan RME untuk Siswa SMP
Main Authors: | Amrina, Rizta, A. Siroj, Rusdy, Riska, Riska |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/msword |
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/6916/1/Amrina_Rista_.doc http://eprints.unsri.ac.id/6916/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar dalam bentuk LKS materi luas permukaan prisma dan limas yang mengacu pada prinsip dan karakteristik RME yang valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development yang terdiri dari dua tahap yaitu preliminary study dan formative study. Pengumpulan data dilakukan melalui walkthrough, analisis dokumen, observasi, dan tes. Ujicoba penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Palembang. Hasil ujicoba LKS materi luas permukaan prisma dan limas diperoleh simpulan bahwa LKS yang dikembangkan valid dan dapat digunakan untuk siswa kelas VIII SMP. Efek potensial yang muncul adalah selama proses belajar siswa sangat antusias dan aktif mengikuti pembelajaran serta pemahaman konsep siswa yang tergolong baik