Kemampuan Subject Specific and Pedagogy Calon Guru Biologi Setelah Mengikuti Perkuliahan Semester Ganjil: Implikasi pada Konsepsi PCK

Main Author: Yeny Anwar, Dr, M.Pd
Other Authors: I.Ketut Budayasa, Prof,. Ph.D, Muslimin Ibrahim, Prof., M.Pd, Siti Masithoh, Prof. Dr, Leny Yuanita, Prof. Dr
Format: BookSection PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Program Pasca Sarjana UNESA , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/6420/1/Artikel_yenny_3.Unesa_ok.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/6420/
Daftar Isi:
  • Kemampuan Subjek Spesifik dan Pedagogi merupakan salah satu kemampuan yang akan menggambarkan kemampuan Pedagogical Content Knowledge seseorang. PCK merupakan pengetahuan yang penting dalam proses pengembangan science literacy dan kemampuan mentransformasi pengetahuan guru ke dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan/mendeskripsikan kemampuan Subject Specifik dan Pedagogy mahasiswa calon guru biologi angkatan 2009-2011 yang mengikuti program Pendidikan S-1 di LPTK. Mahasiswa calon guru ini merupakan mahasiswa yang mengikuti program S-1 kependidikan (konkuren) di Universitas pendidikan Indonesia di Bandung. Kemampuan ini akan diukur setiap akhir semester selama satu tahun, dengan menggunakan metode Crossectional study. Data dikoleksi melalui penggunaan tes membuat CoRes dan PaP-eRs tentang kemampuan subject specific dan pedagogy, yang nantinya akan dilanjutkan dengan teknik wawancara, observasi kemampuan mengajar dan analisis dokumen kurikulum, RPP yang mereka buat, video record serta catatan lapangan. Data hasil penelitian yang diperoleh melalui CoRes dan Pap-eRs pada materi transportasi zat akan diberikan pada setiap angkatan yaitu angkatan 2009, 2010 dan 2011 yang telah mengikuti perkuliahan disemester ganjil. Data akan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan desain konkuren triangulasi (concurrent triangulation design). Hasil sementara menunjukkan bahwa ada perbedaan pada rata-rata setiap angkatan. Perbedaan ini terutama pada CoRes dan PaP-eRs, ada kecendrungan semakin banyak pengalaman belajar mahasiswa semakin baik kemampuannya dalam menjabarkan ide-ide spesifik ke dalam suatu CoRes dan mengkaitkannya dengan PaP-eRs. Hal ini berarti semakin banyak pengalaman belajar, kemampuan mahasiswa menjabarkan ide-ide dan mengorganisasikannya terkait karakteristik materi dan karakteristik siswa semakin baik. Kata Kunci : Pedagogical Content Knowledge (PCK), Subject Specific Pedagogy (SSP), Konkuren, Biologi