KEMAMPUAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY CALON GURU BIOLOGI PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN PROFESIONAL GURU (PPG) YANG BERLATAR BELAKANG BASIC SAINS PRA DAN POST WORKSHOP

Main Authors: Anwar, Yenny , Rustaman, Nuryani, Widodo, Ari
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Universitas Negeri semarang , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/5556/1/JPII_edit_2.pdf
http://www.unnes.ac.id
http://eprints.unsri.ac.id/5556/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan/mendeskripsikan kemampuan Subjek Spesifik Pedagogi mahasiswa calon guru biologi yang mengikuti program Pendidikan Profesional Guru (PPG) angkatan 2012-2013 melalui pendekatan konsekutif. Mahasiswa calon guru ini merupakan mahasiswa yang berasal dari Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi yang telah menyelesaikan S1 Program Biologi Basic Science. Perkembangan ini diikuti selama satu tahun dengan menggunakan metode longitudinal study. Data dikoleksi melalui penggunaan tes membuat CoRes dan PaP-eRs tentang kemampuan subject specific dan pedagogy, teknik wawancara, observasi kemampuan mengajar dan analisis dokumen kurikulum, RPP yang mereka buat, video record serta catatan lapangan. Data hasil penelitian yang diperoleh melalui CoRes dan Pap-eRs pada materi transportasi zat setelah program berjalan selama 16 minggu, dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan desain konkuren triangulasi (concurrent triangulation design). Proses pengumpulan data dan analisis data dilakukan secara intensif berkesinambungan melalui proses check and recheck, analisis dan re-analisis, sehingga diperoleh hasil perkembangan secara menyeluruh. Hasil sementara menunjukkan bahwa Kemampuan Subject Specific Pedagogy mahasiswa calon guru biologi yang berlatar belakang Biologi murni program Basic Science masih minim, dapat dilihat dari hasil CoRes dan PaP-eRs buatan mereka sebelum mengikuti workshop. Setelah workshop semester I diperoleh hasil yang menunjukkan peningkatan yang cukup baik. Peningkatan kemampuan dapat dilihat dari hasil tes kedua yang dilakukan setelah calon guru mengikuti workshop pembuatan silabus dan RPP serta dari hasil tes ketiga setelah calon guru melakukan peer teaching.