Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining

Main Authors: Mandasari, Vina, Tama, Bayu Adhi
Format: Article NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/511/1/Analisis_Kepuasan_Pelanggan_Terhadap_Restoran_Cepat_Saji_Melalui_Pendekatan_Data_Mining%2DJurnal_Generic.pdf
http://uppm.ilkom.unsri,ac,ud
http://eprints.unsri.ac.id/511/
Daftar Isi:
  • Berbagai cara dilakukan oleh masing-masing restoran cepat saji untuk memenangkan persaingan, antara lain yakni dengan meningkatkan kepuasan konsumen. Salah satu restoran cepat saji yang berkomitmen dalam meningkatkan kepuasan konsumennya adalah Restoran XYZ. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan konsumen Restoran XYZ menggunakan data mining dengan algoritma C4.5. Attribut masukan kepuasan konsumen dalam penelitian ini, mencakup produk, pelayanan, fasilitas, harga dan lokasi yang berasal dari data hasil survei. Dalam penelitian ini, didapatkan bahwa rules yang dibangkitkan dari beberapa atribut masukan menghasilkan hubungan sebab-akibat dalam mengklasifikasikan konsumen puas dan tidak puas. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak manejemen dalam meningkatkan kepuasan konsumen untuk mempertahankan konsumen dan meningkatkan laba mereka.