Pemetaan dan Pengembangan Mutu Mata Pelajaran Biologi SMA di OKU Timur dan Palembang*

Main Author: Riyanto, Riyanto
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Program Studi PEP Program Pascasarjana UNJ , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/5068/1/Makalah_proseding_semnas_evaluasi_pend%2C_UNI_8_maret_2014.pdf
http:/www.unsri.ac.id
http://eprints.unsri.ac.id/5068/
Daftar Isi:
  • Abstraks Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi pemetaan dan pengembangan mutu mata pelajaran biologi SMA di OKU Timur dan Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kebijakan yang termasuk penelitian deskriptif. Penelitian kebijakan adalah untuk memberikan informasi tentang rumusan kebijakan peningkatan mutu mata pelajaran biologi SMA di OKU Timur dan Palembang. SMA yang menjadi sampel sebanyak 27 yang mempunyai jurusan IPA, yaitu sembilan SMA di Palembang dan 18 SMA di OKU Timur. Responden terdiri dari guru mata pelajaran biologi, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan bendahara sekolah. Teknik pengambilan data untuk guru adalah FGD, sedangkan selain guru adalah angket. Hasil penelitian, yaitu: 1. Peta kompetensi siswa SMA untuk mata pelajaran biologi yang telah diujikan melalui ujian nasional di OKU Timur dan Palembang bervariasi, misalnya sebagian kompetensi dasar (KD) pada tingkat rayon lebih rendah dari regional atau sebaliknya. 2. Faktor penyebab siswa SMA tidak menguasai pokok bahasan tertentu adalah guru tidak menguasai materi, biologi pengembangan keprofesionalan kurang dan MGMP biologi tidak berjalan. 3. Alternatif solusi pemecahan masalah adalah pelatihan membuat perangkat pembelajaran biologi, peer teaching, pendalaman materi biologi dan mengaktifkan kembali MGMP biologi. 4. Rancangan model peningkatan mutu mata pelajaran biologi SMA di OKU Timur dan Palembang yang diusulkan, yaitu melibatkan LPMP sebagai penjamin mutu, LPTK sebagai produsen dan DIKNAS sebagai pengguna. Guru dan pengawas mata pelajaran biologi yang masih mendapat skor KD dari 55 harus mendapat pembinaan melalui kegiatan lesson study biologi sehingga menjadi lebih profesional. Kata Kunci: Pemetaan, Pelajaran Biologi dan Kompetensi