Konsep Pendidikan Jasmani dan Olahraga Melalui Pendekatan Permainan di SD
Main Author: | Iyakrus, Dr |
---|---|
Format: | BookSection NonPeerReviewed application/msword |
Terbitan: |
Referensi (GP Press Group) Jakarta
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/5042/1/KONSEP_PENJAS_MELALUIPENDEKATAN_PERMAINAN.DOC http://eprints.unsri.ac.id/5042/ |
Daftar Isi:
- Dalam literatur terdapat beberapa definisi tentang Pendidikan Jasmani yang berpariasi antara satu dengan lainnya . Setiap penulis cendrung memberikan definisi Pendidikan Jasmani menurut pandangannya masing-masing. Pendapat James (1989) Pendidikan Jasmani adalah suatu alat untuk mencapai tujuan pendidikan, atau suatu pendidikan melalui proses adabtasi aktivitas-aktivitas jasmani/physical activities seperti organ tubuh, neuromuscular, intelektual, sosial, cultur, emosional, dan etika. Sedangkan Cholik, T., (1997) Pendidikan Jasmani adalah proses pendidikan yang melibatkan interaksi antara peserta didik (anak didik) dengan lingkungan yang dikelola melalui aktivitas jasmani secara sistematik menuju pembentukan manusia seutuhnya. Menurut Pusat Penelitian Olahraga Universitas Airlangga Surabaya (1994) pendidikan jasmani adalah pendidikan yang mengaktualisasi potensi-potensi aktivitas manusia berupa sikap, tindak dan karya yang diberi bentuk, isi dan arah untuk menuju kebulatan kepribadian manusia dengan cita-cita kemanusiaan.