Metakognisi dan Peran Serta Implikasinya bagi Pembelajaran Membaca

Main Author: Saripudin, Agus
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: JPBS-FKIP, LB, PSPB-PPs Unsri, MLI Cabang Unsri, Balai Bahasa Palembang , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/4979/1/Metakognisi.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/4979/
Daftar Isi:
  • Metacognition (metakognisi) mengacu pada pengetahuan dan kontrol si anak pada kegiatan belajarnya. Metakognisi telah diketahui sebagai suatu faktor yang menentukan keberhasilan belajar. Walaupun secara alami seiring dengan bertambahnya usia, pembelajaran sudah bisa membantu dan memacu perkembangan tersebut. Para alhi pembelajaran membaca pun telah mempertimbangkan pembicaan metakognisi bagi perkembangan kemampuan membaca anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara metakognisi (pengetahuan dan kontrol terhadap membaca) dan kemampuan membaca. Pembaca yang baik dan berhasil biasanya memiliki pengetahuan metakognitif tentang kelebihan dan keterbatasan dirinya baik sebagai pembaca maupun sebagai pembelajar. Ia pun menyadari tuntutan dan sifat bacaan serta tersedianya teknologi untuk mencapai tujuan membaca. Selain itu, ia memiliki kontrol yang baik terhadap perilaku membacanya seperti tampak dalam penggunaan strategi, pemantauan pemahaman dan tindakan korektif ketika mengalami kegagalan atau hambatan dalam pemahama. Untuk meningkatkan kemampuan metakognitif seorang pembaca, perlu terlebih dahulu diketahui pengetahuan metakognifnya dan kemuan pelu diakukan pelibatsertaa mereka dalam kegiatan metakognif, misalnya dengan kegiatan refleksi setelah membaca baik melalui tanya jawab maupun pengisian angket kesadaran metakognitif tentang mereka