Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pokok Bahasan Geometri Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berbasis Apos Menggunakan Model Van Hiele

Main Authors: Darmawijoyo, Darmawijoyo, Mulyono, Budi
Format: Lainnya NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: Jurusan Pendidikan MIPA FKIP Unsri
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/4942/1/Laporan_Penelitian_Dia_Bermutu_2012.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/4942/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang memenuhi kriteria pembelajaran berbasis APOS (Aksi-Proses-Objek-Skema) pokok bahasan geometri bidang SMP. Materi pada LKS ini disusun berdasarkan level berfikir yang mengadopsi model van Heil yaitu; level visual, deskripsi, rasional, dan reduksi. LKS yang dihasilkan menggunakan metode penelitian pengembangan model Luther dengan tahapan berikut; : (7) concept; (2) design; (3) material collecting; (4) assembly; (5) testing. Tahapan ujicoba produk, peneliti menggunakan evaluasi formatif yang diadopsi dari Tessmer, yaitu; evaluasi pakar (expert review, evaluasi satu-satu (one-to-one), evaluasi kelompok kecil (small group) serta uji coba lapangan (field test evaluation) atau uji coba pada subjek penelitian sebenarnya. Berdasarkan hasil ujicoba lapangan yang dilakukan di enam sekolah dari empat kabupaten di wilayah Sumatera Selatan, diperoleh informasi LKS ini sangat berpotensi untuk digunakan dalam melatih berpikir analisis siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket diperoleh informasi bahwa LKS ini sangat berpotensi untuk mereduksi sikap tidak menyenangi pembelajaran matematika.