Kekuasaan di Arena Pendidikan Berbasis Keagamaan Suatu Perspektif Cultural Studies

Main Author: Taqwa, Ridhah
Format: BookSection PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Himpunan Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/4824/1/Buku_100_Tahun_Kebangkitan_Nasional.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/4824/
Daftar Isi:
  • Arena pendidikan tidak streril dari praktik kekuasaan. Modal kekuasaan berlangsung praktik kekuasaan itu adalah otoritas, pengetahuan, kepentingan dan idiologi. Idiologi yang bersumber dari "nilai agama seperti kepatuhan, maupun nilai dalam pendidikan potensial menjadi modal beroperasinya praktik kekuasaan. Karena itu usaha untuk menyemaikan praktik demokrasi deliberatif di arena pendidikan, terkendala oleh praktik dominasi kekuasaan tersebut. Akibatnya partisipasi masyarakat luas dalam menyelenggaraan pendidikan juga menjadi minimal. Ada pula kecenderungan sejumlah pihak berusaha melakukan perlawanan terhadap praktik kekuasaan di arena pendidikan. Resistensi tersebut sebagai bagian dari semangat demokratisasi, sebagaimana yang terjadi para arena politik. Proses ini penting artinya untuk menjadikan arena pendidikan sebagai arena pembebasan dari praktik dominasi. Realasi antara stakeholder di arena pendidikan penting untuk dikaji secara mendalam dan selanjutnya ditata untuk menyemaikan praktik demokrasi deliberatif.