PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ELEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI CAMTASIA DAN FLASH UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH SEJARAH PENDIDIKAN

Main Author: Syarifuddin, Syarifuddin
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Program Studi Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP UNSRI , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/4628/1/Criksetra_Jurnal_Pendidikan_dan_Kajian_Sejarah_0001.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/4628/
Daftar Isi:
  • Belajar dengan e-learning sesungguhnya juga merupakan salah satu bentuk penggunaan media pembelajaran berbasis IT atau berbasis internet. Hal ini berarti bahwa dengan e-learning akan menjadi salah satufaktor yang dapat mempengaruhi mutu dan kualitas hasil belajar siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah Sejarah Pendidikan di Program Studi Pendidikan Sejarah ini dilakukan sebanyak 16 kalipertemuan dan 6 kali pertemuan diantaranya menggunakan pembelajaran berbasis E-learning. Pembelajaranberbasis E-Learning ini sendiri merupakan pembelajaran yang dibantu dengan aplikasi program komputer untuk dapat lebih menunjang pembelajaran di bidang pendidikan, diantaranya menggunakan aplikasi Camtasia dan Macromedia Flash. Dalam pembelajaran mata kuliah Sejarah Pendidikan dilaksanakan dalam enam kali pertemuan, terdiri dari empat kali pembelajaran berbasis camtasia dan dua kali pembelajaran berbasis animasi atau macromedia flash yang merupakan salah satu bagran dari pembelajaran yang berbasis E-leaming.