PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SOSIODRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER SEKUNDER TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEIARAH FKIP UNSRI
Main Author: | Syarifuddin, Syarifuddin |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/4614/1/Jurnal_Forum_Sosial_Kajian_Pendidikan_IPS_dan_Ilmu_Sosial_0001.pdf http://eprints.unsri.ac.id/4614/ |
Daftar Isi:
- Dalam model sosiodrama ini, peneliti akan mengembangkan dengan menggunakan media film dokumenter. Praktik sosiodrama yang dilakukan mahasiswa akan didokumentasikan dalam suatu film dokumentasi sekunder, dimana hasil prototipe akan digunakan untuk pembelajaran sejarah. Film Dokumentasi Sekunder yang akan dilakukan penulis merupakan film dokumenter instruksional yang merekam model sosiodrama yang sedang diperankan mahasiswa melalui handycam. Proses editing menggunakan efek audio-visual akan dikerjakan menggunakan software Adobe Premiere. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model sosiodrama dengan menggunakan media film dokumenter sekunder pada proses pembelajaran sejarah dan melihat hasil belajar mahasiswa setelah diadakan pembelajaran sejarah menggunakan model sosiodrama dengan menggunakan media film dokumenter sekunder Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian dan pengembangan adalah metode peneltian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Berdasarkan hasil penelitian model sosiodrama dengan menggunakan media film dokumenter sekunder telah mencapai indikator yang telah ditetapkan. Hampir semua siswa mampu mencapai target nilai 71, yaitu sebanyak 86%. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran sejarah dengan model sosiodrama menggunakan media film dokumenter sekunder dikategorikan sangat baik. Kata Kunci: Film Dokumenter Sekunder, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah