PENERAPAN STRATEGI FORMEANING RESPONSE DALAM PEMBELAJARAN PUISI SEBUAH UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERBAHASA DAN BERSASTRA

Main Author: Nurhayati, Nurhayati
Format: Article NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: PENDIDIKAN BAHASA,SASTRA INDONESIA DAN DAERAH FKIP UNIVERSITAS WIDYA DHARMA KLATEN KERJA SAMA KEPEL PRESS , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/452/1/PENERAPAN_STRATEGI_FORMEANING_RESPONSE_DALAM_PEMBELAJARAN_PUISI_SEBUAH_UPAYA_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_SISWA_DALAM_BERBAHASA_DAN_BERSASTRA.pdf
http://eprints.unsri.ac.id
http://eprints.unsri.ac.id/452/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran sastra pada hakikatnya bukan hanya dapat meningkatkan apresiasi terhadap karya sastra melainkan pula dapat meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Hanya saja dalam kenyataannya pembelajaran sastra belum menyentuh tujuan tersebut secara proporsional apalagi dapat mengantarkan siswa ke pencapaian tujuan dalam sekali langkah pembelajaran. Kata pepatah yang menyatakan sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui akan tercapai apabila guru menggunakan strategi yang diberi nama formeaning response. Dengan strategi formeaning response, siswa diminta untuk menggauli puisi yang dibacanya lewat setidak-tidaknya dua arah utama yaitu dengan mendiskusikan bahasa yang digunakan penyair dalam larik-larik puisi dan bagaimana tanggapan personal siswa terhadap puisi yang dibacanya sesuai dengan horison harapannya.