Pengembangan Model Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa SMP Negeri Kota Palembang Melalui Pemetaan Pikiran dan Pengenalan Struktur Teks
Main Author: | Subadiyono, Subadiyono |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
JPBS-FKIP,LB,PSPB-PPs UNSRI,MLI Cabang UNSRI,Balai Bahasa Palembang
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/4264/1/Cover.pdf http://eprints.unsri.ac.id/4264/2/Pengembangan_model_pembelajaran_(isi).pdf http://eprints.unsri.ac.id/4264/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu prototipe model pembelajaran keterampilan menulis siswa SMP melalui pemetaaan pikiran dan pengenalan struktur teks. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan, yaitu penelitian yang berusaha merancang dan menciptakan prototipe model pembelajaran dengan spesifikasi tertentu. Model pembelajaran yang dikembangkan itu adalah model pembelajaran keterampilan menulis untuk siswa SMP. Langkah-langkah model penelitian pengembangan menggunakan teori Borg dan Gall. Subjek penelitian adalah guru dan siswa pada SMPN 1, SMPN 3, SMPN 10, SMPN 13, SMPN, 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prototipe model pembelajaran keterampilan menulis melalui pemetaan pikiran dan pengenalan struktur teks sangat efektif digunakan dalam keterampilan menulis, baik itu menulis karangan deskripsi, narasi, eksposisi, argumnetasi, dan persuasi. Prototipe model pembelajaran itu meliputi materi, langkah-langkah, dan rubrik penilaian keterampilan menulis