Pembelajaran dan Silabus Membaca Komunikatif
Main Author: | Subadiyono, Subadiyono |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
FKIP Muhammadiyah Palembang
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/4225/1/Cover.pdf http://eprints.unsri.ac.id/4225/2/Isi.pdf http://eprints.unsri.ac.id/4225/ |
Daftar Isi:
- Artikel ini berusaha menjelaskan bahwa pembelajaran membaca dapat saja dilaksanakan secara komunikatif. Membaca yang dilakukan dengan menggauli informasi dari berbagai-bagai jenis teks, baik yang berstruktur sederhana mahupun yang rumit, mengenai berbagai-bagai pokok masalah yang ditelaah dalam program studi tersebut. Tujuannya untuk memperoleh kesan umum atau informasi khusus yang diperlukan ataupun untuk mengapresiasi teks. Untuk itu terdapat tiga dasar wilayah skema yang berperan dalam kegiatan membaca, iaitu skema linguistik, skema isi, dan skema formal. Model pembelajaran yang dapat ditempuh yaitu dengan cara: 1) menyediakan waktu baca aktual, 2) memberikan instruksi arahan, 3) belajar berpasangan dan berkolaborasi, dan 4) membicarakan yang dibaca