Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokokbahasan Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas Xi Tkj 1 SMKN 2 Palembang
Main Authors: | Sulastri, Elis, Hartono, Yusuf, Indra Puri, Ratu Ilma |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Lainnya |
Terbitan: |
Program Studi Magister Pendidikan Matematika
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/4114/1/307 http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/307 http://eprints.unsri.ac.id/4114/ |
ctrlnum |
4114 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokokbahasan Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas Xi Tkj 1 SMKN 2 Palembang</title><creator>Sulastri, Elis</creator><creator>Hartono, Yusuf</creator><creator>Indra Puri, Ratu Ilma</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga melalui model pembelajaran Learning Cycle di kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 (TKJ 1) SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan tes hasil belajar pada setiap siklusnya dengan melibatkan kelas XI TKJ 1 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus, siklus I berkaitan dengan materi mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya, dan siklus II menghitung luas permukaan bangun ruang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 57,18 dan ketuntasan klasikal sebesar 60 %. Siklus II hasil belajar rata-rata 68,85 dengan ketuntasan klasikal 77,50 %, artinya hasil belajar sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal dan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 11,67 dan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 17,50 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga di kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010.



Kata kunci : Learning Cycle, aplikasi, penelitian tindakan kelas</description><publisher>Program Studi Magister Pendidikan Matematika</publisher><date>2010-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Other:Other</type><identifier>http://eprints.unsri.ac.id/4114/1/307</identifier><relation>http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/307</relation><identifier>Sulastri, Elis and Hartono, Yusuf and Indra Puri, Ratu Ilma (2010) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokokbahasan Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas Xi Tkj 1 SMKN 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1). ISSN 1978-0044</identifier><relation>http://eprints.unsri.ac.id/4114/</relation><recordID>4114</recordID></dc>
|
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Other:Other Other |
author |
Sulastri, Elis Hartono, Yusuf Indra Puri, Ratu Ilma |
title |
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokokbahasan Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas Xi Tkj 1 SMKN 2 Palembang |
publisher |
Program Studi Magister Pendidikan Matematika |
publishDate |
2010 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unsri.ac.id/4114/1/307 http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/307 http://eprints.unsri.ac.id/4114/ |
contents |
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga melalui model pembelajaran Learning Cycle di kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 (TKJ 1) SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan tes hasil belajar pada setiap siklusnya dengan melibatkan kelas XI TKJ 1 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus, siklus I berkaitan dengan materi mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya, dan siklus II menghitung luas permukaan bangun ruang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 57,18 dan ketuntasan klasikal sebesar 60 %. Siklus II hasil belajar rata-rata 68,85 dengan ketuntasan klasikal 77,50 %, artinya hasil belajar sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal dan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 11,67 dan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 17,50 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga di kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010.
Kata kunci : Learning Cycle, aplikasi, penelitian tindakan kelas |
id |
IOS4554.4114 |
institution |
Universitas Sriwijaya |
institution_id |
177 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Sriwijaya |
library_id |
596 |
collection |
Repository Universitas Sriwijaya |
repository_id |
4554 |
city |
KOTA PALEMBANG |
province |
SUMATERA SELATAN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4554 |
first_indexed |
2017-08-30T23:44:33Z |
last_indexed |
2017-08-30T23:44:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686139671911858176 |
score |
17.538404 |