Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokokbahasan Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas Xi Tkj 1 SMKN 2 Palembang

Main Authors: Sulastri, Elis, Hartono, Yusuf, Indra Puri, Ratu Ilma
Format: Article PeerReviewed Lainnya
Terbitan: Program Studi Magister Pendidikan Matematika , 2010
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/4114/1/307
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/307
http://eprints.unsri.ac.id/4114/
ctrlnum 4114
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokokbahasan Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas Xi Tkj 1 SMKN 2 Palembang</title><creator>Sulastri, Elis</creator><creator>Hartono, Yusuf</creator><creator>Indra Puri, Ratu Ilma</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga melalui model pembelajaran Learning Cycle di kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 (TKJ 1) SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan tes hasil belajar pada setiap siklusnya dengan melibatkan kelas XI TKJ 1 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus, siklus I berkaitan dengan materi mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya, dan siklus II menghitung luas permukaan bangun ruang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 57,18 dan ketuntasan klasikal sebesar 60 %. Siklus II hasil belajar rata-rata 68,85 dengan ketuntasan klasikal 77,50 %, artinya hasil belajar sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal dan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 11,67 dan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 17,50 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga di kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010.&#xD; &#xD; &#xD; &#xD; Kata kunci : Learning Cycle, aplikasi, penelitian tindakan kelas</description><publisher>Program Studi Magister Pendidikan Matematika</publisher><date>2010-01</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Other:Other</type><identifier>http://eprints.unsri.ac.id/4114/1/307</identifier><relation>http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/307</relation><identifier>Sulastri, Elis and Hartono, Yusuf and Indra Puri, Ratu Ilma (2010) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokokbahasan Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas Xi Tkj 1 SMKN 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1). ISSN 1978-0044</identifier><relation>http://eprints.unsri.ac.id/4114/</relation><recordID>4114</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Other:Other
Other
author Sulastri, Elis
Hartono, Yusuf
Indra Puri, Ratu Ilma
title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokokbahasan Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Di Kelas Xi Tkj 1 SMKN 2 Palembang
publisher Program Studi Magister Pendidikan Matematika
publishDate 2010
topic L Education (General)
url http://eprints.unsri.ac.id/4114/1/307
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/307
http://eprints.unsri.ac.id/4114/
contents Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga melalui model pembelajaran Learning Cycle di kelas XI Teknik Komputer Jaringan 1 (TKJ 1) SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan tes hasil belajar pada setiap siklusnya dengan melibatkan kelas XI TKJ 1 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang terdiri dari 36 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian berlangsung dalam 2 siklus, siklus I berkaitan dengan materi mengidentifikasi bangun ruang dan unsur-unsurnya, dan siklus II menghitung luas permukaan bangun ruang. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 57,18 dan ketuntasan klasikal sebesar 60 %. Siklus II hasil belajar rata-rata 68,85 dengan ketuntasan klasikal 77,50 %, artinya hasil belajar sudah mencapai kriteria ketuntasan klasikal dan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 11,67 dan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 17,50 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal-soal aplikasi pada pokok bahasan dimensi tiga di kelas XI TKJ 1 SMKN 2 Palembang tahun ajaran 2009/2010. Kata kunci : Learning Cycle, aplikasi, penelitian tindakan kelas
id IOS4554.4114
institution Universitas Sriwijaya
institution_id 177
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Sriwijaya
library_id 596
collection Repository Universitas Sriwijaya
repository_id 4554
city KOTA PALEMBANG
province SUMATERA SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4554
first_indexed 2017-08-30T23:44:33Z
last_indexed 2017-08-30T23:44:33Z
recordtype dc
_version_ 1686139671911858176
score 17.538404