Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Lais Musi Banyu Asin

Main Authors: Jaenudin, Riswan, Basir, Djahir,M, Harmadi, Harmadi
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasajana Universitas Sriwijaya dan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia (IPTPI)
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/3891/1/cover%2D14.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/3891/2/isi%2D14.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/3891/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pada motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Lais Musi Banyuasin. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen tipe posttest-only control design. Populasinya adalah semua siswa di SMP Negeri 2 Lais Musi Banyuasin, dengan sampel kelas Vll.l dan VIl.Z. Media yang digunakan adalah media video yang diproduksi oleh Pustekkom Depdiknas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Untuk menguji hipotesis dan mengetahui dampak dari penggunaan media video pada motivasi dan hasil belajar siswa digunakan uji-t. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kebanyakan siswa di kelas eksperimen memiliki motivasi tinggi, yaitu 87,57%, sedangkan pada kelas kontrol hanya menunjukkan 32,5%. Hasil pembelajaran dalam kelas eksperimen juga menunjukkan jumlah siswa yang mendapat hasil belajar tinggi mencapai 87,55%, sementara di kelas kontrol 55 %. Dari analisis ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video berpengaruh efektif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Lais Musi Banyuasin