Peningkatan Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini Melalui Bermain
Main Author: | Sumarni, Sri |
---|---|
Format: | Article NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
FKIP Unsri
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/3833/1/PENINGKATAN_KECERDASAN_JAMAK_USIA_DINI_MELALUI_BERMAIN.pdf http://eprints.unsri.ac.id/3833/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan jamak anak usia dini melalui bermain di TK. Prosedur pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui empat tahap yakni: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) obsevasi, dan 4) evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa di TK “Kids 19” Kayu Putih, Jakarta. Penelitian ini dilakukan tiga siklus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan avana satu jalur. Disamping itu, dari proses pembelajaran tampak menyenangkan dengan alat bantu realita, ssiwa aktif,a ntusias, ingin selalu mencoba sampai berhasil. Dengan demikian, pembelajaran melalui bermain dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan kecerdasan jamak anak di TK “Kids 19” Kayu Putih, Jakarta.