MEMBANGUN KARAKTER ANAK MELALUI BERMAIN DI PAUD BON THORIF

Main Author: Sumarni, Sri
Format: Article NonPeerReviewed application/msword
Terbitan: Unsri Press , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/3806/1/MEMBANGAUN_KARAKTER_ANAK_MELALUI_BERMAIN.docx
http://eprints.unsri.ac.id/3806/
Daftar Isi:
  • Saat ini Bangsa Indonesia memerlukan sumberdaya manusia berkualitas; jujur, cerdas, sopan, disiplin, beriman, lemah lembut, dalam rangka menyukseskan pembangunan disegala bidang. Untuk mewujudkan hal tersebut, pendidikan memiliki peran penting. Tentunya akan dimulai dari tingkat pendidikan paling bawah yakni pendidikan anak usia dini (TK, Raudatul Atfal (RA), Kelompok Bermain; merupakan fondasi yang harus dibentuk dengan baik oleh semua pihak secara sinergis, yaitu: orang tua, satuan pendidikan, dan masyarakat, terutama orang tua, dan guru. Ujung tombak dalam menyelenggarakan pendidikan karakter di sekolah adalah guru; yang akan menyampaikan materi pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan melalui bermain (meronce). Melalui meronce diharapkan generasi akan datang dapat membangun karakter dengan cerdas melaksanakan intellectual development, Physical and kinestetic development, Affective and Creativity development, Spiritual and emotional development. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan melalui materi dalam pembelajaran pada setiap pengembangan di TK. Berkaitan dengan norma atau nilai perlu dikembangkan, dieksplisitkan, dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari diharapkan nanti menjadi budaya sekolah.