Mode Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Mahasiswa
Main Author: | Hartono, Hartono |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
FMIPA Universitas Negeri Malang
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/3735/1/artikel_7.pdf http://eprints.unsri.ac.id/3735/ |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi mahasiswa telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan komunikasi mahasiswa dan mendapatkan tipe pembelajaran kooperatif yang sesuai untuk pembelajaran pada mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks Kimia. Mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini sejumlah 41 orang yang terdaftar pada mata kuliah Telaah Kurikulum dan Buku Teks Kimia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini diselenggarakan dalam kegiatan pengembangan keprofesionalan dosen melalui wadah lesson study yang langkah-langkahnya meliputi plan, do, dan see (refleksi). Sejumlah lima orang dosen juga terlibat dalam penelitian ini dalam tahapan kegiatan plan, observer, dan refleksi. Temuan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif dengan metode kelompok kecil dan presentasi dapat meningkatkan ketrampilan komunikasi mahasiswa dalam pembelajaran