Pembelajaran Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam pada Lingkungan Pembelajaran Kombinasi

Main Author: Hartono, Hartono
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya dan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/3724/1/artikel_3.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/3724/
ctrlnum 3724
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Pembelajaran Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam pada Lingkungan Pembelajaran Kombinasi</title><creator>Hartono, Hartono</creator><subject>LB2300 Higher Education</subject><description>Studi kuasi-eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas program pengajaran praktikum IPA pada lingkungan pembelajaran kombinasi yang dapat meningkatkan keterampilan proses IPA (SPS) mahasiswa pada program pembelajaran jarak jauh pendidikan guru sekolah dasar di Sumatera Selatan, Indonesia. Model pembelajaran kombinasi sebenarnya merupakan kombinasi antara tatap muka dan pembelajaran online. Penelitian ini melibatkan 60 mahasiswa yang mengambil mata kuliah praktikum IPA tahun akademik 2008/2009. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok sebagai kelas eksperimen dan kelompok lain sebagai kelas kontrol. SPS mahasiswa diukur dengan membandingkan pre test, pos test, dan kinerja. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dan skor N-gain. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan SPS mahasiswa dari kelas eksperimen (N-gain = 73,31) dibandingkan dengan kelas kontrol (Ngain = 18,76). Dengan demikian, program pengajaran di lingkungan pembelajaran kombinasi dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan SPS mahasiswa.</description><publisher>Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya dan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia</publisher><date>2011-07</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.unsri.ac.id/3724/1/artikel_3.pdf</identifier><identifier>Hartono, Hartono (2011) Pembelajaran Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam pada Lingkungan Pembelajaran Kombinasi. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1 (2). pp. 73-83. ISSN 2087-9903</identifier><relation>http://eprints.unsri.ac.id/3724/</relation><recordID>3724</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Hartono, Hartono
title Pembelajaran Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam pada Lingkungan Pembelajaran Kombinasi
publisher Program Studi Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya dan Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia
publishDate 2011
topic LB2300 Higher Education
url http://eprints.unsri.ac.id/3724/1/artikel_3.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/3724/
contents Studi kuasi-eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas program pengajaran praktikum IPA pada lingkungan pembelajaran kombinasi yang dapat meningkatkan keterampilan proses IPA (SPS) mahasiswa pada program pembelajaran jarak jauh pendidikan guru sekolah dasar di Sumatera Selatan, Indonesia. Model pembelajaran kombinasi sebenarnya merupakan kombinasi antara tatap muka dan pembelajaran online. Penelitian ini melibatkan 60 mahasiswa yang mengambil mata kuliah praktikum IPA tahun akademik 2008/2009. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, satu kelompok sebagai kelas eksperimen dan kelompok lain sebagai kelas kontrol. SPS mahasiswa diukur dengan membandingkan pre test, pos test, dan kinerja. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t dan skor N-gain. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan SPS mahasiswa dari kelas eksperimen (N-gain = 73,31) dibandingkan dengan kelas kontrol (Ngain = 18,76). Dengan demikian, program pengajaran di lingkungan pembelajaran kombinasi dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan SPS mahasiswa.
id IOS4554.3724
institution Universitas Sriwijaya
institution_id 177
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Sriwijaya
library_id 596
collection Repository Universitas Sriwijaya
repository_id 4554
city KOTA PALEMBANG
province SUMATERA SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4554
first_indexed 2017-08-30T23:44:25Z
last_indexed 2017-08-30T23:44:25Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686139582719983616
score 17.538404