Metode Praktikum Untuk Melatih Kemampuan Psikomotorik Siswa Pada Materi Tekanan Dan Getaran Di Kelas Viii Smp N 1 Kayuagung
Main Authors: | Murniati, Murniati, Noviyanti, Eka |
---|---|
Format: | BookSection NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/3523/1/Murniati_%2D_Metode_Praktikum.pdf http://eprints.unsri.ac.id/3523/ |
Daftar Isi:
- Menurut Carin dan Sund (dalam Depdiknas:2011) mendefinisikan IPA sebagai “pengetahuan yang sistematis dan tersusun secara teratur, berlaku umum (universal), dan berupa kumpulan data hasil observasi dan eksperimen”. Berpijak dari defenisi di atas mengisyaratkan bahwa pembelajaran IPA mengingikan adanya proses yang menfasilitasi siswa untuk berlatih menemukan konsep lewat pengamatan, dalam mewujudkan kondisi pembelajaran yang berisikan penemuan salah satunya dengan metode praktikum. Hal tersebuut diperkuat oleh pendapat Lazarowitch, dan Tamir (dalam Simalango dan Muchtar:2008) yang menyatakan bahwa metode praktikum adalah suatu cara mengajar yang memberikan kesempatan kepada murid-murid untuk menemukan sendiri sesuatu fakta yang diperlukannya atau ingin diketahui. Pembelajaran IPA memungkinkan sekali untuk mendidik pengetahuan dan ketrampilan psikomotorik siswa.