ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN SHAR-E PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, Tbk. KANTOR CABANG PALEMBANG

Main Authors: Zunaidah, Zunaidah, Nazaruddin, A
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Jurusan Manajemen FE Unsri , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/3453/1/ANALISIS_STRATEGI_PEMASARAN_TABUNGAN_SHAR%2DE_PADA_PT._BANK_MUAMALAT_INDONESIA.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/3453/
ctrlnum 3453
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN SHAR-E PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, Tbk. KANTOR CABANG PALEMBANG&#xD; </title><creator>Zunaidah, Zunaidah</creator><creator>Nazaruddin, A</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><subject>HC Economic History and Conditions</subject><subject>HF Commerce</subject><description>Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia semakin pesat setelah disetujuinya UU No. 10 Tahun 1998 Pasal 1 mengenai perbankan, dalam UU ini diatur dengan rinci landasan hukum serta jenis jenis usaha yang dapat dioperasikan dan diimplementasikan oleh bank syariah. UU tersebut didukung oleh peraturan pelaksanaannya berupa Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia No. 32/34/KEP/DIR/1999 tentang Bank Umum berdasarkan prinsip syariah dan Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia No. 32/36/KEP/DIR/1999 tentang Bank Perkreditan Rakyat Indonesia berdasarkan prinsip syariah yang masing-masing tertanggal 12 Mei 1999. Oleh karena itu, jumlah Bank Syariah semakin meningkat. Sejak kehadirannya pada tahun 2004 di Palembang, jumlah nasabah Shar-e mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni sebesar 373% dalam kurun waktu dua tahun. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah upaya-upaya apa saja yang selama ini telah dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Palembang untuk meningkatkan jumlah nasabah, dan variabel apa saja dalam bauran pemasaran yang dominan mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan tabungan Shar-e. Dengan menggunakan teknik analisis Multiple Regression Linier, diperoleh persamaan regresi dengan menggunakan metode Enter. Dari 8 (delapan) variabel independen (bebas), yaitu: produk, tempat dan waktu, proses, produktifitas dan kualitas, orang, promosi dan edukasi, bukti fisik dan harga dan biaya lainnya, ternyata hanya ada 1 variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan tabungan Shar-e Bank Muamalat, yakni variabel proses.&#xD; </description><publisher>Jurusan Manajemen FE Unsri</publisher><date>2007-04</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.unsri.ac.id/3453/1/ANALISIS_STRATEGI_PEMASARAN_TABUNGAN_SHAR%2DE_PADA_PT._BANK_MUAMALAT_INDONESIA.pdf</identifier><identifier>Zunaidah, Zunaidah and Nazaruddin, A (2007) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN SHAR-E PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, Tbk. KANTOR CABANG PALEMBANG. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, IV (1). ISSN 0216-6836</identifier><relation>http://eprints.unsri.ac.id/3453/</relation><recordID>3453</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Zunaidah, Zunaidah
Nazaruddin, A
title ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TABUNGAN SHAR-E PADA PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, Tbk. KANTOR CABANG PALEMBANG
publisher Jurusan Manajemen FE Unsri
publishDate 2007
topic H Social Sciences (General)
HC Economic History and Conditions
HF Commerce
url http://eprints.unsri.ac.id/3453/1/ANALISIS_STRATEGI_PEMASARAN_TABUNGAN_SHAR%2DE_PADA_PT._BANK_MUAMALAT_INDONESIA.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/3453/
contents Perkembangan Perbankan Syariah di Indonesia semakin pesat setelah disetujuinya UU No. 10 Tahun 1998 Pasal 1 mengenai perbankan, dalam UU ini diatur dengan rinci landasan hukum serta jenis jenis usaha yang dapat dioperasikan dan diimplementasikan oleh bank syariah. UU tersebut didukung oleh peraturan pelaksanaannya berupa Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia No. 32/34/KEP/DIR/1999 tentang Bank Umum berdasarkan prinsip syariah dan Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia No. 32/36/KEP/DIR/1999 tentang Bank Perkreditan Rakyat Indonesia berdasarkan prinsip syariah yang masing-masing tertanggal 12 Mei 1999. Oleh karena itu, jumlah Bank Syariah semakin meningkat. Sejak kehadirannya pada tahun 2004 di Palembang, jumlah nasabah Shar-e mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni sebesar 373% dalam kurun waktu dua tahun. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah upaya-upaya apa saja yang selama ini telah dilakukan oleh PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Kantor Cabang Palembang untuk meningkatkan jumlah nasabah, dan variabel apa saja dalam bauran pemasaran yang dominan mempengaruhi keputusan nasabah dalam menggunakan tabungan Shar-e. Dengan menggunakan teknik analisis Multiple Regression Linier, diperoleh persamaan regresi dengan menggunakan metode Enter. Dari 8 (delapan) variabel independen (bebas), yaitu: produk, tempat dan waktu, proses, produktifitas dan kualitas, orang, promosi dan edukasi, bukti fisik dan harga dan biaya lainnya, ternyata hanya ada 1 variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan tabungan Shar-e Bank Muamalat, yakni variabel proses.
id IOS4554.3453
institution Universitas Sriwijaya
institution_id 177
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Sriwijaya
library_id 596
collection Repository Universitas Sriwijaya
repository_id 4554
city KOTA PALEMBANG
province SUMATERA SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4554
first_indexed 2017-08-30T23:44:19Z
last_indexed 2017-08-30T23:44:19Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686139580342861824
score 17.538404