Kompetensi Guru Mata Pelajaran Ekonomi Mengadakan Variasi dalam Proses Belajar Mengajar di SMA Negeri 1 Indralaya Ogan Ilir

Main Author: Fatimah, Siti
Format: Article NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: FKIP UNTAN , 2006
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/3270/1/KOMPETENSI_GURU.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/3270/
Daftar Isi:
  • Guru mempunyai peranan yang penting dalam keseluruhan upaya pendidikan. Agar dapat mengajar efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) dan meningkatkan mutu (kualitas) mengajarnya. Tujuan Penelitian untuk mengetahui kompetensi guru ekonomi mengadakan variasi dalam proses belajar mengajar di SMAN 1 Indralaya. Populasi semua guru ekonomi berjumlah empat guru. Untuk mengumpulkan data digunakan observasi, metode analisis digunakan deskripsi yang memusatkan perhatian pada penilaian keterampilan mengadakan variasi guru ekonomi dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar guru ekonomi telah mengadakan variasi dalam proses belajar mengajar, yang mana penilaiannya diambil dari lembar penilaian keterampilan variasi dari APKG. Dari 17 komponen yang dinilai 14 komponen sudah muncul dalam proses belajar mengajar dan interaksi yang dilakukan adalah intekasi guru-siswa-siswa. Namun masih dipandang perlu diadakan variasi yang belum muncul diantaranya variasi kecepatan bicara, perubahan mimik, bergerak dalam kelas untuk maksud berbeda, dan memberi kesempatan memegang atau memanipulasi benda. kata kunci: kompetensi guru, mengadakan variasi