Meningkatkan Partisipasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNSRI pada Mata Kuliah Teknik Laboratorium Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw

Main Authors: Susanti, Rahmi, Lucia, Maria Santoso, Meilinda, Meilinda
Format: BookSection PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA Universitas Pendidikan Indonesia , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/3248/1/Prosiding_seminar_nasional_UPI_2007.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/3248/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak implementasi terhadap tingkat partisipasi belajar mahasiswa pendidikan Biologi FKIP Unsri melalui model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw pada mata kuliah Teknik Laboratorium. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pokok bahasan. Prosedur pelaksanaan tindakan merupakan suatu siklus kegiatan yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) persiapan tindakan, (2)implementasi tindakan, (3)pemantauan dan evaluasi,4)analisis dan refleksi. Dalam pelaksanaan tindakan digunakan pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw. Data hasil pengamatan berupa penggunaan waktu, partisipasi belajar mahasiswa, dan keaktifan mahasiswa dalam diskusi, serta hasil tes tertulis dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw dapat meningkatkan partisipasi belajar dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Teknik Laboratorium