Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fotosintesis dan Respirasi

Main Author: Susanti, Rahmi
Format: Proceeding PeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/3181/1/PROSIDING_%2D_SEMNAS_UNILA.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/3181/
Daftar Isi:
  • Studi pre-eksperimental ini dilakukan untuk mengetahui penguasaan konsep mahasiswa pendidikan biologi pada topik fotosintesis dan respirasi melalui pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini melibatkan sejumlah mahasiswa pendidikan biologi semester 6 di salah satu LPTK di Sumatera Selatan sebagai subjek penelitian (n=27). Penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Postest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes tertulis pilihan ganda (50 soal), serta angket tertutup dengan merujuk skala Likert. Data hasil penelitian dianalisis dengan Kolmogorov-Smirnov Test yang dilanjutkan dengan uji t berpasangan (Paired-Sample t Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan penguasaan konsep secara signifikan, dengan nilai signifikansi p = 0,000 pada α = 0,025. Peningkatan penguasaan konsep fotosintesis dan respirasi pada mahasiswa pendidikan biologi termasuk dalam kategori sedang, dengan nilai gain ternormalisasi (n-gain) = 0,35. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan penguasaan konsep pada topik fotosintesis dan respirasi. Selain itu, pembelajaran berbasis masalah juga menumbuhkan sikap positif mahasiswa calon guru biologi terhadap pembelajaran fotosintesis dan respirasi.