Pengenalan Simbol – Simbol Visual dalam Pertunjukan Sastra Lokal bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa untuk Pengembangan Indrustri Kreatif
Main Author: | Inderawati, Rita |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/2776/1/Rita_Inderawati_Pengenalan_simbol_simbol_Jurnal_Lingua.pdf http://eprints.unsri.ac.id/2776/ |
Daftar Isi:
- Tahun 2009 ditetapkan sebagai tahun Indonesia kreatif. Penetapan tersebut mengindikasikan bahwa kreativitas sangat penting dikemukakan. Kreativitas identik dengan inovasi; inovasi merupakan proses pemunculan dan penerapan gagasan-gagasan kreatif dalam konteks yang spesifik, sedangkan kreativitas digunakan untuk mempertunjukkan hasil penciptaan pendekatan dan gagasan baru. Kreativitas lebih tepat digunakan daripada inovasi dalam konteks sastra dan seni. Hal ini menantang pendidikan bahasa untuk berperan dalam membangun industri kreatif dalam menopang ekonomi kreatif. Melalui pengamatan, eksplorasi, penciptaan, dan penelitian tentang seni dan sastra, pendidikan bahasa dapat member kontribusi nyata dan besar dalam rangka membangun industri kreatif. Berdasarkan studi pemetaan yang dilakukan oleh kementerian perdagangan, seni pertunjukan merupakan industri kreatif yang kesepuluh dari 14 jenis industri yang dapat mendukung ekonomi kreatif di Indonesia. Seni pertunjukan tersebut termasuk industri kreatif yang paling rendah kontribusinya, hanya 0,15%. Kenyataan ini seharusnya mendorong pendidikan bahasa untuk berperan dalam mengembangkan industri kreatif. Tulisan ini menyoroti peran pendidikan bahasa dalam mengembangkan industri kreatif, pengenalan dimensi simbol visual dalam mengapresiasi karya sastra dan pertunjukan sastra lokal. Pada akhirnya, sastra lokal sebagai warisan budaya dapat dipertunjukkan dengan mengaplikasikan simbol-simbol visual untuk mengembangkan industri kreatif.