PROSES KOGNITIF MAHASISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH SPLDV BERASASKAN MODEL TAKSONOMI PEMPROSESAN INFORMASI

Main Authors: Pringgo, Purwoko, Saad, Noor Shah, M. Tajudin, No'ain
Format: Article NonPeerReviewed application/msword
Terbitan: FKIP Universitas Sriwijaya
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/2258/1/Purwoko_Pringg0_4.docx
http://eprints.unsri.ac.id/2258/
Daftar Isi:
  • Mahasiswa diajari suatu algoritma untuk memecahkan masalah sistem persamaan linear dua variabel. Kadang-kadang dalam urutan masalah, mereka mengalami masalah pengecualian yang diperlukan sehingga mereka memperpanjang algoritma. Masalah rutin dan tak rutin dikaitkan dengan pola yang berbeda dari aktivasi otak. Beberapa mahasiswa menunjukkan pola kognitif yang aktif hanya sampai masalah ini diselesaikan dan tidak ada perbedaan antara masalah biasa atau pengecualian. Mahasiswa lain menunjukkan pola Metakognitif aktivitas yang lebih besar untuk masalah tak rutin dan kegiatan yang diperluas ke periode pasca-solusi, terutama ketika kesalahan dibuat. Selanjutnya, Proses kognitif mahasiswa dalam menyelesaikan masalah sistem persamaan linear dua variabe ini diukur dengan taksonomi pemprosesan informasi yang dikembangkan oleh Fong (1994). Kata kunci: proses kognitif, taksonomi pemprosesan informasi