Analisis dan Perancangan ITS Menggunakan CBR Sebagai upaya Inovatif Untuk Pembelajaran Pemrograman Komputer

Main Authors: Jauhari, Jaidan, Abdiansah, -
Format: Proceeding PeerReviewed application/pdf
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/2229/1/Makalah_Jaidan_Jauhari_ITS_IPB.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/2229/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat saat ini juga telah merambah berbagai bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan dan pengajaran. Penggunaan komputer dalam pembelajaran saat ini yang banyak digunakan adalah penggunaan multimedia interaktif dan e-learning. Tetapi kelemahan dari keduanya adalah menganggap bahwa semua pelajar memiliki kemampuan yang seragam, padahal kenyataannya tidak demikian. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan Intelligent Tutoring System (ITS) yang dikembangkan untuk mengatasi kelemahan yang belum memperhatikan keberagaman siswa tersebut. Pembelajaran pemrograman komputer merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran disiplin ilmu komputer. Masalah yang sering dihadapi oleh pelajar dlam belajar pemrograman adalah kesulitan dalam menentukan dan memperbaiki program yang masih salah. Untuk dapat menjadi ahli di bidang ini dibutuhkan waktu yang lama dan latihan yang intens, karena teori dan praktik dalam bidang pemrograman komputer. Untuk mengatasinya dapat dibangun ITS yang merupakan sebuah aplikasi komputer yang dibuat untuk meniru mimik manusia dalam memberikan materi pengajaran. ITS menggunakan pendekatan one-to-one. ITS merupakan sistem yang cerdas karena memiliki komponen kecerdasan buatan. Salah satu teknik yang dapat dipakai adalah CBR (Case Based Reasoning) yang memberikan teknik penyelesaian masalah menggunakan kasus. Dalam makalah ini dibahas analisis dan perancangan ITS berbasis CBR.