Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Berbasis Konsep

Main Author: Sriyanti, Ida
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Asosiasi Pengajar Fisika Indonesia , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/2160/1/4._interaktif_berbasis_konsep.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/2160/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model Pembelajaran Interatif Berbasis Konsep pada perkuliahan Pendahuluan Fisika Zat Padat. Metode yang digunakan adalah metode tindakan kelas (classroom action research) pada suatu komunitas mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsri. Penelitian ini terdiri dari tahap persiapan (penyusunan rencana pembelajaran, lembar kegiatan siswa, format penilaian, alat evaluasi dan lembar observasi) dan pelaksanaan (pemantauan dan evaluasi). Aktivitas Belajar mahasiswa meningkat tiap siklus. Presentasi keaktifan mahasiswa siklus pertama 50% dan siklus kedua 85%. Hasil belajar mahasiswa belum memenuhi stándar ketuntasan belajar tetapi terdapat peningkatan setiap siklus, hasil tes siklus pertama jumlah mahasiswa yang tuntas belajar 55% dan hasil tes siklus kedua jumlah mahasiswa yang tuntas belajar 75%. Berdasarkan hasil penelitian bahwa model pembelajaran interaktif berbasis konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada perkulihan Pendahuluan Fisika Zat Padat dan dapat juga diterapkan pada siswa Sekolah Menegah Umum (SMU).