Upaya Peningkatan Kemampuan Kerja Kelompok Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Melalui Metode Pemberian Tugas Dan Metode Diskusi
Main Authors: | Siahaan, Sardianto Markos, Pasaribu, Abidin |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/msword |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/1963/1/Makalah_Semirata__2012_(Sardianto_Unsri).doc http://eprints.unsri.ac.id/1963/ |
Daftar Isi:
- Artikel ini bertujuan untuk mengkaji strategi peningkatan kemampuan kerja kelompok mahasiswa melalui metode pemberian tugas dan metode diskusi pada mata kuliah Telaah Kurikulum Fisika SMP/MTs dan SMA/MA di program studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri. Fokus kegiatan adalah peningkatan kemampuan kerjasama antar mahasiswa sesuai dengan tugas atau permasalahan yang diberikan dosen pada masing-masing kelompok mahasiswa dalam sebuah kegiatan perkuliahan yang diselaraskan dengan pelaksanaan kegiatan lesson study. Tahapan kegiatan lesson study dilaksanakan dalam bentuk siklus plan-do-see (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah rubrik penilaian dan observasi. Rubrik penilaian digunakan untuk mengukur kemampuan kerja kelompok pada pertemuan ke 2 hingga pertemuan ke 7, sedangkan observasi dilakukan pada saat kegiatan perkuliahan berlangsung selama enam kali pertemuan yang bersifat sebagai data pendukung. Analisis kuantitatif terhadap data rubrik penilaian menunjukkan persentase kerja sama mahasiswa dengan kategori baik sekali sebesar 52,5%, dengan kategori baik 35% dan kategori cukup sebesar 12,5%.