PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGGUNAAN MINYAK GORENG SAWIT DI KELURAHAN INDRALAYA INDAH
Main Authors: | sari, indah purnama, hanim, nazly, Febry, Fatmalina |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Ikatan Kesehatan Masyarakat Indonesia Komisariat FKM Unsri
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/1883/1/Peneitian_4.pdf http://eprints.unsri.ac.id/1883/2/Peneitian_4.pdf http://www.fkm.unsri.ac.id http://eprints.unsri.ac.id/1883/ |
Daftar Isi:
- Latar Belakang : Minyak goreng merupakan salah satu dari sembilan kebutuhan pokok di Indonesia. Pengetahuan para ibu rumah tangga tentang minyak goreng yang minim dapat menimbulkan kerugian. Selain itu, minyak goreng yang digunakan berkali-kali (lebih dari 4 kali) akan mengalami oksidasi (reaksi dengan udara). Hal ini bisa menyebabkan iritasi saluran pencernaan, diare dan kanker. Metode : Jenis penelitian ini adalah survei deskriptif dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan minyak goreng sawit yang baik dan benar agar bermanfaat bagi kesehatan ibu rumah tangga dan keluarga di Kelurahan Indralaya Indah. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam mengumpulkan data primer. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu rumah tangga tertinggi adalah pengetahuan cukup (60,0%), sikap baik (95,3%) dan perilaku baik (62,4%) dengan karakteristik ibu rumah tangga berumur > 40 tahun, tamat SLTA/Sederajat, tidak bekerja, membeli minyak goreng sawit di supermarket dan di toko dan memperoleh sumber-sumber informasi minyak goreng sawit kemasan dari kelompok acuan dan media massa elektronik. Kesimpulan : Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan minyak goreng sawit yang baik dan benar belum dilaksanakan seluruhnya oleh ibu rumah tangga. Saran penelitian ini adalah perlunya dilakukan penyuluhan yang intensif kepada kelompok acuan dan produsen diharapkan mampu memberikan informasi (anjuran cara pemakaian minyak goreng) yang lebih lengkap dan rinci dalam label produk. Kata kunci : Pengetahuan, sikap, perilaku, minyak goreng sawit