Produksi Biofuel Fraksi Bensin Dari Minyak Biji Jarak Pagar Dengan Katalis Co-Mo/Monmorilonit Terpilar TiO2

Main Authors: Novia, Novia, Said, Muhammad, Hasanudin, Hasanudin
Format: Monograph NonPeerReviewed application/msword
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/1855/1/Laporan_Akhir.doc
http://eprints.unsri.ac.id/1855/
Daftar Isi:
  • Keterbatasan energi sudah menjadi masalah global dan Indonesia sendiri mulai merasakan krisis akan energi. Krisis energi ini sebenarnya dimulai dari ketergantungan pada energi yang berasal dari minyak bumi yang tidak dapat diperbaharui. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah mencari alternatif lain pengganti minyak bumi dengan sumber energi yang dapat diperbaharui dan memungkinkan pengembangannya di Indonesia. Salah satu sumber daya alam di Indonesia dan potensial sebagai sumber energi terbarukan adalah minyak biji jarak pagar. Dalam rangka membantu mencari penyelesaian problem krisis energi nasional serta upaya peningkatan potensi sumber daya alam (SDA) maka penelitian Produksi Biofuel Fraksi Bensin dari Minyak Biji Jarak Pagar dengan Katalis Co-Mo/Monmorilonit terpilar TiO2 ini dilakukan. Pemanfaatan minyak jarak pagar menjadi bahan bakar nabati (biofuel) pengganti minyak bumi memerlukan pengolahan lebih lanjut. Pengolahan ini dapat dilakukan melalui proses Hidrocracking dengan menggunakan katalis. Katalis yang digunakan adalah logam transisi Co dan Mo yang diimpregnasikan ke dalam zeolite alam aktif. Masalah yang akan dikembangkan pada penelitian ini adalah desain dan karakterisasi katalis Co-Mo/Monmorilonit terpilar TiO2. Preparasi katalis menggunakan metode pilarisasi monmorilonit dengan TiO2 , impregnasi logam Co dan Mo, oksidasi dan reduksi. Katalis yang didapat dikarakterisasi topologi permukaannya, porositas (luas permukaan, volume pori dan jari-jari pori), sifat keasaman dan aktifitas katalitiknya. Kemudian penelitian dilanjutkan pada penggunaan katalis yang telah dipreparasi untuk menghidrocracking minyak jarak pagar menjadi biofuel fraksi bensin. Penelitian difokuskan pada pengaruh karakter dan sifat katalis dalam menghidrocracking minyak biji jarak pagar. Penelitian dilakukan dengan memvariasikan rasio Co/Mo dalam katalis, serta melihat pengaruh sifat-sifat katalis (seperti luas permukaan, volume pori, rata-rata jari-jari pori dan keasaman katalis) terhadap kinerja proses hidrocracking. Minyak yang dihasilkan dikarakterisasi yang meliputi densiti, viskositas, kalor pembakaran, angka oktan, flash point dan komposisi kimianya (GC-MS). Kemudian dilanjutkan dengan optimasi produksi biofuel dalam skala relatif lebih besar dengan memfokuskan pada proses dan kondisi hidrocracking untuk mendapatkan kondisi hidrocracking yang baik. Adapun variabel bebas yang akan diteliti adalah temperatur, laju alir hidrogen, jumlah minyak biji jarak pagar dan berat katalis. Minyak yang dihasilkan dikarakterisasi yang meliputi densiti, viskositas, kalor pembakaran, angka oktan, flash point dan komposisi kimianya (GC-MS). Hasil penelitian ini diusahakan akan ditindaklanjuti dengan pengusaha atau pemda yang tertarik untuk mengembangkan biofuel dari minyak biji jarak pagar dengan menggunakan katalis yang bersumber dari potensi alam daerah. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan jalan keluar dari ketergantungan akan minyak bumi.