Peningkatan Keterampilan Menggambar Imajinatif Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 128 Palembang Melalui Strategi Collective Painting

Main Author: rukiyah, rukiyah
Format: BookSection NonPeerReviewed application/pdf
Terbitan: CV Nuryz Bersaudara , 2009
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/1768/1/cover.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/1768/2/Peningkatan_Keterampilan_Menggambar_Imajinatif_Siswa_Kelas_III_Sekolah_Dasar_Negeri_128_Palembang_Melalui_Strategi_Collective_Painting.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/1768/
Daftar Isi:
  • Menggambar imajinatif merupakan salah satu bagian dalam matapelajaran dalam Seni Budaya dan Keterampilan atau disingkat dengan KERTAKES di Sekolah Dasar Kelas awal, menurut Cing (2005), mata pelajaran seni ( musik, tari dan rupa) merupakan sarana yang paling efektif dalam me ngembangkan kreatifitas siswa. Selain itu seni dapat menjadikan sarana pendidikan dalam rangka mengakomodasi emosi dan ekspresi anak, juga sebagai wahana pendidikan keterampilan (Blance,2005). Melalui strategi collective painting , proses menggambar anak dapat dilakukan bersama teman sekelompoknya. Hal ini berfungsi untuk memperoleh pengalaman menggambar bersama dalam menjalin kerja sama diantara anggota kelompoknya dan memberi kepuasan tersendiri , diantaranya pada saat memilih teman, merancang gambar, mewarnai, menghargai teman yang mempunyai ide sama pada “ tema” gambar yang mereka rancang. Sehingga dapat memupuk saling menghargai karya sesama teman dan mengembangkan aspek social pada anak