PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH KIMIA DASAR I
Main Author: | Desi, Desi |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/1764/1/Artikel%2DDesi%2D7.pdf http://eprints.unsri.ac.id/1764/2/Jigsaw/IMAGE0054.PDF http://eprints.unsri.ac.id/1764/ |
Daftar Isi:
- Telah dilakukan upaya peningkatan kualitas pembelajaran mata kuliah Kimia Dasar I bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsri dengan menerapkan pembelajaran kooperatif model Jigsaw melalui suatu penelitian tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran dalam mata kuliah Kimia Dasar I. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester I peserta mata kuliah Kimia Dasar I tahun ajaran 2009/2010. Model pembelajaran yang digunakan adalah Jigsaw, dimana mahasiswa dibagi menjadi 6 kelompok. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan baik dalam hal proses maupun hasil pembelajaran. Peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat dari meningkatnya partisipasi mahasiswa dalam diskusi kelompok baik kelompok ahli, asal maupun kelas, keaktifan bertanya dan juga mengeluarkan pendapat. Peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari jumlah mahasiswa yang mendapatkan nilai A sebanyak 54.35% dari 46 orang mahasiswa. Peningkatan ini tidak terlepas dari keseriusan mahasiswa dalam memahami materi kuliah baik dengan membaca teks di rumah maupun melalui diskusi di kelas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata kuliah Kimia Dasar 1 pada Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unsri.