Penerapan Model Respon Pembaca Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Yang Integratif Dan Menghidupkan Budaya Literasi

Main Authors: izzah, izzah, Inderawati, Rita, Alwi, Zahra
Format: BookSection PeerReviewed application/pdf
Terbitan: FKIP Universitas Sriwijaya , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/1720/1/Cover.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/1720/2/Daftar_Isi_%26_Isi_Makalah.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/1720/
Daftar Isi:
  • Setelah melakukan observáis dan wawancara dengan beberapa guru di Kecamatan Inderalaya diperoleh informasi bahwa para guru merasa "alergi" mengajarkan materi sastra. Materi ini acap kali dibahas sepintas. bahkan cenderung dibiarkan berlalu begitu Baja: Hal ini disebabkan para guru merasa bahwa pembelajaran sastra sangat sulit dan dikhawatirkan tidak ada hubungannva dengan dengan Ujian Nasional. Mulanya, model ini dianggap “Informasi baru", sehingga pada tes awal nilai rata-rata peserta hanyalah 4,5 (rentang 1-10). Akan tetapi, setelah dijelaskan, berdiskusi, dan diberikan tugas aplikasi model respons pembaca, secara umum peserta menyatakan bahwa mereka menyukai model pembelajaran sastra seperti ini. Dengan kata lain, peserta merasakan hasil pelatihan bermanfaat bagi mereka. ini terbukti dari hasil tes akhir. Rerata nilai yang diperoleh peserta menjadi 6,3. Perolehan nilai yang cukup baik tersebut didukung oleh persepsi peserta pelatihan bahwa mereka sangat menyenangi model pembelajaran sastra yang tidak monoton dan membosankan serta sangat berbeda dengan model pembelajaran sastra yang selama ini telah mereka terapkan di sekolah.