Membangun Bangsa Yang Berkarakter Melalui Budaya Literasi
Main Author: | izzah, izzah |
---|---|
Other Authors: | Macaryus, Sudartomo, Hartosujono, Hartosujono, Yacobus, Sunaryo |
Format: | BookSection PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta Bekerja Sama Dengan Kepel Press
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/1719/1/Cover.pdf http://eprints.unsri.ac.id/1719/2/Daftar_Isi_%26_Isi_Makalah.pdf http://eprints.unsri.ac.id/1719/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam tulisan ini adalah apakah model kolaborsi reading-writing connection (KRWC) dapat meningkatkan keterampilann menulis mahasiswa Universitas Sriwijaya. Untuk itu, dilakukan penelitian selama tiga bulan, yakni September, Oktober, dan November 2011. Yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa semester pertama yang mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia. Hasil observasi pada kelas kuasi eksperimen diketahui bahwa kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model KRWC ni cenderung meningkat. Berdasarkan hasil angket dapat dikemukakan bahwa model KRWC memudahkan mahasiswa dala menulis karena 1) langkah-langkahnya jelas, 2) cntohnya konkret, 3) dirangsang dengan bacaan sebelum menulis, dan 4) setiap tulisan diberi komenar sehingga dapat diperbaiki. Pembelajaran seperti ini, jika dilakukan secara berkesinambungan, lambat laun dapat menjadi budaya literasi. Pada gilirannya budaya ini dapat membentuk bangsa yang berkarakter.