Pembelajaran Menyimak Integratif Menggunakan Model Facts And Figures
Main Author: | izzah, izzah |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/1718/1/Cover.pdf http://eprints.unsri.ac.id/1718/2/Daftar_Isi_%26_Isi_Makalah.pdf http://eprints.unsri.ac.id/1718/ |
Daftar Isi:
- Kurangnya perhatian terhadap keterampilan menyimak dapat membias pada kurangnya kemampuan siswa dalam proses pernbelajaran. Dengan demikian, keterampilan menyimak dapat berpengaruh pada berhasil tidaknya seseorang, termasuk dalam proses pembelajaran_ Walaupun setiap manusia normal sejak lahir telah dilengkapi dengan perangkat menyimak. Belum tentu mereka itu dapat menjadi penyimak ideal. Oleh sebab itu, diperlukan model tertentu untuk lebih mengefektifkan pembelajaran menyimak. Salah satunva adalah dengan menggunakan model facts and fitures. Ada empat langkah yang ditawarkan dalam menerapkan model ini. Aplikasinya. dalam menerapkan model ini siswa disuruh menyimak gambaran (kisah. cerita, berita) yang nyata/terjadi di dalam kehidupan/masyarakat yang didukung, oleh informasi tempat, Informasi mengenai Benda tertentu, dan dilengkapi dengan foto/gambar. Kemudian, siswa mencatat kata-kata kunci yang terdapat di dalam alat peraga. Selanjutnya, siswa berusaha menjawab pertanyaan yang, berhubungan dengan hal-hal yang telah diinformasikan itu dan mencari jawabannya melalui kata-kata kunci yang telah mereka catat.