Alquran Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Yang Integratif Untuk Membentuk Pribadi Bangsa Yang Berkarakter

Main Author: izzah, izzah
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Universitas Sriwijaya , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/1714/1/cover.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/1714/2/Daftar_Isi_%26_Isi_Makalah.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/1714/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam pembelajaran selama ini, antara lain, guru acap kali mengkotak-kotakan materi. Hal seperti ini membuat pembelajaran tidak menarik. Di samping itu, pembelajaran menjadi baku, tidak luas, dan tak mampu merangsang siswa untuk bereksplorasi. Untuk itu, dalam tulisan ini ditawarkan pembelajaran integratif bermediakan Alquran. Artinya, pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang salah satu materinya diambil dari kisah-kisah dalam Alquran. Kisah-kisah ini diceritakan, disimak, didiskusikan, dituliskan kembali, dan dibacakan kembali. Selain itu, cerita-cerita ini dihubungkan dengan mata pelajaran lain, seperti IPS, IPA, dan Matematika. Dengan demikian, pembelajaran menjadi menarik karena dapat menjelajah ke berbagai mata pelajaran. Selain itu, secara tidak langsung, guru dan siswa pun dapat menambah wawasan.