Model Kolaborasi Reading-Writing Connection Sebagai Upaya Inovatif Mengembangkan Pembelajaran Bahasa Indonesia
Main Authors: | izzah, izzah, Mukmin, Suhardi |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/1713/1/Cover.pdf http://eprints.unsri.ac.id/1713/2/Daftar_Isi_%26_Isi_Makalah.pdf http://eprints.unsri.ac.id/1713/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Bahasa Indonesia di Unit Pelaksana Teknis Mata Kuliah Pembentukan Kepribadian (UPT MPK) Universitas Sriwijaya selama ini terasa belum maksimal. Hal ini disebabkan bahwa tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia yang bermuara pada keterampilan menulis belum tereapai secara maksimal. Mahasiswa masih kesulitan ketika akan menulis. Untuk itu, ditawarkan satu model yang lebih praktis daripada model yang selama ini terdapat di dalam buku ajar terbitan UPT MPK Unsri. Model ini merupakan inovasi baru yang tidak menyaingi, tetapi berusaha memperbaiki model penulisan esai yang lama. Dan hasil survey. wawancara, dan angket terhadap sejumlah mahasiswa. semester 1 dan dosen Bahasa Indonesia di UPT MPK diketahui bahwa mahasiswa memang kesulitan menerapkan model yang lama. Mereka berpendapat bahwa draf model kolaborasi reading writing connection yang ditawarkan terkesan lebih praktis dan mudah diaplikasikan karena selain mengetengahkan teori juga di lampiri beberapa contoh esai yang aktual dan dapat dijadikan contoh untuk menulis esai.