Peningkatan Keterampilan Menyimak Integratif Menggunakan Model Group Survey Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Dan Daerah
Main Authors: | izzah, izzah, Masri, Ali |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Universitas Sriwijaya
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/1706/1/Cover.pdf http://eprints.unsri.ac.id/1706/2/Isi_Penelitian.pdf http://eprints.unsri.ac.id/1706/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah apakah keterampilan menyimak mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FKIP Universitas Sriwijaya dapat meningkat dengan mengunakan metode group survey. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas beberapa siklus. Hasil tes akhir menunjukkan bahwa 85,5% mahasiswa mencapai target ketuntasan belajar, yakni mereka telah mencapai nilai lebih dari atau sama dengan 80. Selain itu, penggunaan metode ini dapat merangsang keaktifan mahasiswa, baik di kelas maupun di luar kelas. Dari segi proses, mahasiswa mahasiswa berani berbicara untuk mengungkapkan hasil survei yang elah dilakukannya. Dari segi keterampilan menulis, mereka dapat menuangkan laporan hasil survei secara tertulis.