Pengaruh Model Kooperatif Teknik Jigsaw Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Di Inderalaya

Main Author: Rukiyah, Rukiyah
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/1659/1/cover_jigsaw.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/1659/2/jigsaw.pdf
http://eprints.unsri.ac.id/1659/
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan kegiatan penelitian dengan Judul ” Model Kooperatif Teknik Jigsaw pada pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri Di Inderalaya, Metode yang digunakan metode eksperimen.Pengambilan sampel sacara Purposif sampling. Sampel yang diambil adalah seluruh populasi yaitu semua siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) Negeri 6,11 dan 23.Sampel tersebut terdiri dari kelas VA sebagai kelas Kontrol dan Kelas VB sebagai kelas eksperimen. Perlakuannya berupa model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Post-test lebih tinggi dari pada siswa kelasV yang diberi eksperimen model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dari pada Kelas V yang berupa kontrol. Nilai Rata-rata post-tes pada SD Negeri 6 untuk kelas kontrol yaitu 72,8 dan kelas eksperimen yaitu 84,41. Pada SD Negeri 11,dengan nilai rata- rata post-tes kelas kontrol yaitu 75,53 dan kelas eksperimen yaitu 89,66, Sedangkan pada SD Negeri 23 diperoleh nilai rata-rata post test kelas kontrol yaitu 73,12 dan kelas eksperimen 82,07. Analisis data menggunakan Uji t, dengan nilai thit>ttabel (1,66), yaitu masing-masing 17,86 ; 19,29; dan18,79. Hal ini menunjukkan bahwa Kooperatif Teknik Jigsaw sangat efektif dan berarti terhadap peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V