MULTIREPRESENTASI DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Main Author: | Abdullah, Muhammad Yusuf |
---|---|
Format: | Proceeding NonPeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/1607/1/Multirepresentasi_dalam_Pembelajaran_Fisika.pdf http://eprints.unsri.ac.id/1607/ |
Daftar Isi:
- Konsep fisika dapat direpresentasikan dalam banyak format (multirepresentasi). Namun selama ini fisika lebih banyak diajarkan melalui rumus-rumus matematik, dengan sedikit sekali mengajarkan makna fisis dari rumus-rumus tersebut. Padahal matematik hanyalah salah satu format representasi. Representasi-representasi lain yakni representasi verbal, gambar atau diagram, dan representasi grafik masih sedikit sekali digunakan dalam pembelajaran. Dari banyak hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan multirepresentasi dapat membantu siswa/mahasiswa dalam memahami konsep-konsep fisika. Makalah ini memaparkan pengertian multirepresentasi, mengapa menggunakan multirepresentasi, dan bagaimana menggunakan multirepresentasi dalam pembelajaran fisika.