Pengembangan Berpikir Matematika Tingkat Lanjut Melalui Pembelajaran Matematika Realistik

Main Author: somad, somakim
Format: Article PeerReviewed application/msword
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/1528/1/Makalah_Semnasmat_UNY.doc
http://eprints.unsri.ac.id/1528/
Daftar Isi:
  • Tujuan tulisan ini adalah untuk mengkaji pengembangan berpikir matematika tingkat lanjut melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Berpikir matematika tingkat lanjut yang mengutamakan kemampuan siswa dalam mengkonstruksi dan dapat menemukan definisi dan konsep matematika. Kemampuan matematika ini sesuai dengan tuntutan tujuan pembelajaran matematika pada kurikulum 2006, untuk itu perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika di sekolah. Pembelajaran matematika realistik yang mempunyai tiga prinsip utama dan lima karakteristik diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir matematika lanjut. Kata Kunci: Berpikir Matematika Lanjut, Pembelajaran Matematika Realistik