STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENGGUNAAN CATALYTIC CONVERTER TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MOTOR YAMAHA Rx-King TAHUN PEMBUATAN 2006
Main Author: | Sipahutar, Riman |
---|---|
Format: | BookSection PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/145/1/Pages_from_PROSIDING_AVOER_2011%2D39.pdf http://avoer2011.unsri.ac.id http://eprints.unsri.ac.id/145/ |
Daftar Isi:
- Motor Yamaha Rx-King dengan mesin 2-tak cenderung menghasilkan kadar emisi gas buang yang relatif tinggi. Untuk mengurangi kadar emisi gas buang ini, teknologi alternatif yang disarankan adalah penggunaan catalytic converter (CC) pada sistem saluran gas buangnya. Dalam penelitian ini, CC yang digunakan ada dua tipe, yaitu tipe Pipe Catalyst dan Monolith (Honeycomb). Metodologi pengujian adalah dengan membandingkan hasil pengujian mesin tanpa CC dan dengan kedua tipe CC tersebut. Alat penganalisa yang digunakan adalah Stargas 898 yang menguji dan menganalisis kadar gas-gas, seperti CO, CO2, HC, O2, dan NOX. Hasil pengujian menunjukan bahwa Penggunaan dan penerapan catalytic converter tipe Pipe Catalyst dan Monolith (Honeycomb) pada sistem saluran buang (knalpot) dapat mengurangi kadar gas dalam emisi gas buang mesin 2-tak Yamaha Rx-King. Catalytic converter tipe pipe catalyst menghasilkan persentase penurunan kadar emisi gas CO maksimal 11,53%, gas CO2 maksimal sebesar 2,06%, dan emisi HC maksimal sebesar 0,46% (pada 4.000 rpm). Catalytic converter tipe monolith (honeycomb) menyebabkan persentase penurunan kadar emisi gas CO maksimal 23,93%, gas CO2 maksimal sebesar 2,79%, dan emisi HC maksimal sebesar 0,80% (pada 4.000 rpm).