VARIASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS
Main Author: | Riyanto, Riyanto |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
FKIP Unsri
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/1356/1/Variasi_media_meningkatkan_aktivitas_dan_hasil_belajar_sains_(Forum_Kependidikan_FKIP_Unsri).pdf http://www.fkip.unsri.ac.id/ http://eprints.unsri.ac.id/1356/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan mengetahui penggunaan media bervariasi dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran sains. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Rambutan Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan jumlah pertemuan sebanyak lima kali. Keaktifan siswa dinyatakan dalam 5 indikator, yaitu 1. Siswa memperhatikan penjelasan guru, 2. Siswa bertanya kepada guru, 3. Siswa menjawab pertanyaan guru atau teman, 4. Siswa mengerjakan tugas, 5. Siswa membuat catatan yang diperolehnya. Hasil belajar siswa diukur dengan tes yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil belajar ini dapat digunakan untuk menentukan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I adalah 54,55 % dan siklus II adalah 72,33%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, yaitu 6,40 % dengan ketuntasan 63,33% dan siklus II, yaitu 7,62 % dengan ketuntasan belajar 86,67%. Hasil belajar ini jauh melebihi rata-rata sebelum tindakan, yaitu 5,52 % dengan ketuntasan belajar 44,83%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media yang bervariasi dalam pembelajaran sains dapat meningkatkan keaktifan siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar. Kata kunci : variasi media, keaktifan siswa, hasil belajar