Pelayanan Publik Solusi Atau Kolusi
Main Author: | Lionardo, Andries |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Sriwijaya Post
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unsri.ac.id/1305/1/8._Koran_SP_Selasa%2C_26_Juni_2007.pdf http://eprints.unsri.ac.id/1305/ |
Daftar Isi:
- Reformasi administrasi publik akan terwujud jika terpenuhinya tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Pendekatan kekuasaan dan kapitalisasi kepentingan dalam melaksanakan pelayanan publik justru akan manjauhkan hakikat pelayanan publik itu sendiri. Pelayanan publik haruslah mencerminkan penilaian terhadap kinerja sebagai ukuran keberhasilan suatu organisasi publik dalam mencapai misinya. Upaya peningkatan kinerja pelayanan publik adalah dengan menegakkan dan menguatkan dasar mindset aparat birokrasi pada prinsip-prinsip moral yang harus berakhlak, bukan penyalahgunaan kekuasaan, penyelewengan keuangan dan pemanfaatan jabatan untuk tujuan-tujuan yang tidak bermoral. Artikel ini menggambarkan esensi pelayanan publik yang harus menjadi katalisator (penggerak) dengan penguatan profesional aparatur dalam melayani masyarakat sebagai objek pelayanan publik. Aparatur birokrasi yang professional akan berbanding lurus dengan hasil kinerja pelayanan publik Apabila harapan ini terealisasi, maka buruknya kinerja pelayanan publik akan mendapatkan solusi.