Studi Kelayakan Perencanaan Pembelajaran dari Lampiran Hasil Penelitian pada Skripsi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri dalam Rangka Mempersiapkan Calon Guru Professional

Main Author: Riyanto, Riyanto
Format: Article PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Pendidikan MIPA FKIP Unsri
Subjects:
Online Access: http://eprints.unsri.ac.id/1113/1/Studi_Kelayakan_RPP_dari_Lamp_Hasil_Pen_pd_Skripsi_di_Prog_Studi_Pend.pdf
http://www.fkip.unsri.ac.id/
http://eprints.unsri.ac.id/1113/
ctrlnum 1113
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>Studi Kelayakan Perencanaan Pembelajaran dari Lampiran Hasil Penelitian pada Skripsi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri dalam Rangka Mempersiapkan Calon Guru Professional &#xD; </title><creator>Riyanto, Riyanto</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan unutk mendapatkan informasi tentang kelayakan atau kemampuan calon guru biologi FKIP Unsri dalam membuat perencanaan pembelajaran dari lampiran hasil penelitian pada skripsi dalam rangka memepersiapkan calon guru profesional. Hasil penelitian ini, dapat dijadikan sebagai masukkan untuk peneliti dan dosen-dosen di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Jumlah sampel 90 perencanaan pembelajaran adalah 26,23 % yang diambil dari lampiran skripsi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Pedoman skor mengunakan buku pedoman FKIP Unsri 2005/2005 dan aspek yang dinilai menggunakan buku pedoman sertifikasi guru DIKTI 2008. Hasil penelitian menunjukkan jumlah calon guru biologi yang mendapatkan nilai kategori sangat baik (A) adalah 78,88 %, kategori baik (B) 21,12 %, dan rerata total termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 90,44. Untuk calon guru yang mendapatkan nilai kategori cukup (C), kurang (D) dan sangat kurang (E) tidak ada atau 0 %. Rerata lima aspek perencanaan pembelajaran, yaitu perumusan tujuan pembelajaran 99,11 termasuk kategori sangat baik, pemilihan dan pengorganisasian materi ajar 91,22 termasuk kategori sangat baik, pemilihan sumber/media pembelajaran 82,22 termasuk kategori baik, skenario atau kegiatan pembelajaran 90,22 termasuk kategori sangat baik dan penilaian hasil belajar 89,22 termasuk kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran yang dibuat calon guru biologi FKIP Unsri, seluruhnya dinyatakan layak dengan kategori baik dan sangat baik. (2) Rerata lima aspek perencanaan pembelajaran, yaitu perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan dan pengorganisasian materi ajar, skenario atau kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil belajar termasuk kategori sangat baik sedangkan pemilihan sumber/media pembelajaran termasuk kategori baik.&#xD; </description><publisher>Pendidikan MIPA FKIP Unsri</publisher><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://eprints.unsri.ac.id/1113/1/Studi_Kelayakan_RPP_dari_Lamp_Hasil_Pen_pd_Skripsi_di_Prog_Studi_Pend.pdf</identifier><relation>http://www.fkip.unsri.ac.id/</relation><identifier>Riyanto, Riyanto Studi Kelayakan Perencanaan Pembelajaran dari Lampiran Hasil Penelitian pada Skripsi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri dalam Rangka Mempersiapkan Calon Guru Professional. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unsri, - (-). pp. 1-12. ISSN -</identifier><relation>http://eprints.unsri.ac.id/1113/</relation><recordID>1113</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Riyanto, Riyanto
title Studi Kelayakan Perencanaan Pembelajaran dari Lampiran Hasil Penelitian pada Skripsi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri dalam Rangka Mempersiapkan Calon Guru Professional
publisher Pendidikan MIPA FKIP Unsri
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.unsri.ac.id/1113/1/Studi_Kelayakan_RPP_dari_Lamp_Hasil_Pen_pd_Skripsi_di_Prog_Studi_Pend.pdf
http://www.fkip.unsri.ac.id/
http://eprints.unsri.ac.id/1113/
contents Penelitian ini bertujuan unutk mendapatkan informasi tentang kelayakan atau kemampuan calon guru biologi FKIP Unsri dalam membuat perencanaan pembelajaran dari lampiran hasil penelitian pada skripsi dalam rangka memepersiapkan calon guru profesional. Hasil penelitian ini, dapat dijadikan sebagai masukkan untuk peneliti dan dosen-dosen di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Jumlah sampel 90 perencanaan pembelajaran adalah 26,23 % yang diambil dari lampiran skripsi di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Unsri. Pedoman skor mengunakan buku pedoman FKIP Unsri 2005/2005 dan aspek yang dinilai menggunakan buku pedoman sertifikasi guru DIKTI 2008. Hasil penelitian menunjukkan jumlah calon guru biologi yang mendapatkan nilai kategori sangat baik (A) adalah 78,88 %, kategori baik (B) 21,12 %, dan rerata total termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor 90,44. Untuk calon guru yang mendapatkan nilai kategori cukup (C), kurang (D) dan sangat kurang (E) tidak ada atau 0 %. Rerata lima aspek perencanaan pembelajaran, yaitu perumusan tujuan pembelajaran 99,11 termasuk kategori sangat baik, pemilihan dan pengorganisasian materi ajar 91,22 termasuk kategori sangat baik, pemilihan sumber/media pembelajaran 82,22 termasuk kategori baik, skenario atau kegiatan pembelajaran 90,22 termasuk kategori sangat baik dan penilaian hasil belajar 89,22 termasuk kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) perencanaan pembelajaran yang dibuat calon guru biologi FKIP Unsri, seluruhnya dinyatakan layak dengan kategori baik dan sangat baik. (2) Rerata lima aspek perencanaan pembelajaran, yaitu perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan dan pengorganisasian materi ajar, skenario atau kegiatan pembelajaran dan penilaian hasil belajar termasuk kategori sangat baik sedangkan pemilihan sumber/media pembelajaran termasuk kategori baik.
id IOS4554.1113
institution Universitas Sriwijaya
institution_id 177
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Sriwijaya
library_id 596
collection Repository Universitas Sriwijaya
repository_id 4554
city KOTA PALEMBANG
province SUMATERA SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4554
first_indexed 2017-08-30T23:43:35Z
last_indexed 2017-08-30T23:43:35Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686139559847395328
score 17.538404