PENGARUH POSISI CENTERBULB BERBENTUK FOIL TERHADAP KOMPONEN HAMBATAN KAPAL IKAN KATAMARAN MV. LAGANBAR
Main Authors: | Iqbal, Muhammad, Manik, Parlindungan, Hadi, Eko Sasmito, Kurniawan, Achmad |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Politeknik Negeri Batam
, 2020
|
Online Access: |
https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JI/article/view/1885 https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JI/article/view/1885/1096 |
Daftar Isi:
- Catamarans are double hull ships which have many advantages over single hull ships with the same displacement. To increase catches, fishermen in Cilacap converted ships from the original single hull with outrigger to double hull (catamaran). Displacement of ships has doubled. But the ship's resistance increased to almost 4 times. To reduce the resistance of catamarans, some researchers use the concept of center bulb. In this study, the center bulb form used foil. The purpose of this study was to determine the effect of center bulb position on ship resistance components by comparing 9 center bulb positions. The results stated that of the nine center bulb position configurations, Model 6 is the best model because at Fr 0.35 it can reduce ship resistance by up to 33%. For the viscous resistance component it is not significantly affected by the use of the center bulb. But on the wave resistance component, the use of this center bulb can reduce wave resistance by 47% at Fr 0.35.
- Kapal katamaran adalah kapal berlambung ganda yang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan kapal berlambung tunggal dengan displasemen yang sama. Untuk meningkatkan hasil tangkapan, para nelayan di Cilacap melakukan konversi salah kapal dari semula lambung tunggal dengan cadik menjadi lambung ganda (katamaran). Displasemen kapal meningkat 2 kali lipatnya. Namun hambatan kapal meningkat hingga hampir 4 kali lipatnya. Untuk mengurangi hambatan kapal katamaran beberapa peneliti menggunakan konsep center bulb. Pada penelitian ini, bentuk centerbulb yang digunakan bentuk foil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh posisi centerbulb terhadap komponen hambatan kapal dengan membandingkan 9 posisi centerbulb. Hasil penelitian menyatakan bahwa dari kesembilan konfigurasi posisi centerbulb, Model 6 merupakan model terbaik karena Pada Fr 0,35 dapat mengurangi hambatan kapal hingga 33%. Untuk komponen hambatan viskos tidak terlalu terpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan center bulb. Namun pada komponen hambatan gelombang, penggunaan centerbulb ini dapat mengurangi hambatan gelombang sebesar 47% pada Fr 0,35.